Dawn di negeri matahari terbit

Setelah peluncuran global secara online yang sangat sukses dan perkenalan di Frankfurt International Motor Show 2015, Rolls-Royce Motor Cars mengumumkan awal penerimaan pesanan resmi Rolls-Royce Dawn baru, mobil  drophead  supermewah yang tidak kenal kompromi, di Jepang.

Jepang diharapkan menjadi pasar terbesar bagi Dawn di kawasan Asia Pasifik, menyusul tanggapan luar biasa di acara pameran mobil tertutup eksklusif di Tokyo pada musim panas 2015.

 

"Habis gelap terbitlah sang fajar”

 

Dawn (atau ‘Sang Fajar’) baru dari Rolls-Royce mempersembahkan interpretasi kontemporer dan keren tentang rupa seharusnya sebuah mobil konvertibel empat penumpang supermewah – inilah mobil supermewah yang langka, berkelas, dan paling sosial. Inspirasinya datang dari Silver Dawn, nama Rolls-Royce yang terkenal dan langka, yang pernah digunakan hanya pada 28 unit  drophead  spesial antara tahun 1950 dan 1954.

Pada masa-masa paling sulit, ungkapan "habis gelap, terbitlah sang fajar" menggema bagai sebuah lentera harapan. Kegelapan dini hari ini, ketika penampakan seperti bayangan hitam, hantu, atau roh ( phantom ,  ghost , atau  wraith ) sering digambarkan, dan ketika kekhawatiran melanda hati, ditepis oleh semburat sinar mentari pagi yang membangkitkan semangat sambil kita terjaga menyambut fajar baru dan kemungkinan tanpa batas dari sebuah hari baru.

 

Rekayasa yang tidak main-main untuk ruang empat penumpang sejati

 

Kekhasan desain Rolls-Royce telah menciptakan sebuah mobil yang menghadirkan semua ciri khas, yaitu keahlian tiada banding dari merek kami berpadu dengan filosofi pengalaman berkendara yang mudah namun menyegarkan.

"Di Rolls-Royce, kami merasa bangga sebagai pencipta mobil mewah yang juga berfungsi sebagai ruang sosial," ujar Direktur Desain Rolls-Royce, Giles Taylor. “Ide penciptaan sebuah mobil seperti Dawn yang bisa dipakai sehari-hari dengan nyaman oleh hanya dua orang adalah satu hal tabu. Dalam menciptakan Dawn, kami tidak mau berkompromi sama sekali mengenai kenyamanan dan kemewahan empat orang yang ingin bepergian bersama di dalam sebuah puncak gaya.”

Para insinyur Rolls-Royce menaruh perhatian khusus pada atap Dawn, yang menghadirkan kesenyapan ala Wraith saat dinaikkan dan memerlukan hanya sekitar 20 detik untuk berfungsi pada kecepatan jelajah hingga 50 km/jam. Dengan menggeluti konfigurasi atap berbahan serat, sasaran kami adalah menciptakan mobil konvertibel paling senyap sedunia. Ambisi kesenyapan ini diterapkan pada semua aspek rekayasa atap dan meluas ke keseluruhan mobil baru ini. Tim teknik bahkan sampai menciptakan frasa tentang harapan yang ingin mereka capai terkait dengan mekanisme atap: Silent Ballet atau Balet Senyap.

Atapnya menjadi puncak desain anggun, indah, dan sensual, namun tetap salah satu kanopi terbesar yang menaungi mobil konvertibel – hanya kalah dari Rolls-Royce Phantom Drophead Coupé.

 

Sebuah pahatan berupa mobil

 

Rolls-Royce Dawn baru sungguh berbeda dari rekan-rekan sepabriknya, menonjolkan 80% panel bodi yang unik. Dawn Drophead empat penumpang supermewah dan sangat kontemporer adalah evolusi bahasa desain Rolls-Royce, dengan satu tujuan pasti: menciptakan mobil yang sama indahnya saat atapnya ditutup atau dibuka.

Saat atap terbuka, garis sensual Dawn begitu nyata. Dari samping, kemiringan kaca depan yang curam, garis bodi yang membentang ke belakang dan garis horizontal tinggi di sepanjang sisi mobil memberikan kesan dinamis yang natural. Garis horizontal yang sama bergerak naik dan melingkari kabin penumpang belakang untuk menciptakan efek yang memanjakan.

Bagian deknya mempertahankan kecemerlangan Rolls-Royce dalam seni kriya modern. Panel kayu Canadel berpori terbuka mengikuti bentuk tapal kuda dari kabin belakang, sementara lapisan kayu di atas dek, yang bisa dipilih mengikuti selera, mengalir turun di antara jok belakang, dan di seluruh kabin yang menutupi panel pintu bagian dalam – menggoda pemilik atau penumpang untuk masuk.

 

Teknologi yang arif untuk berkendara tanpa repot

 

Selain terobosan yang tidak diragukan lagi yang dibuat oleh tim Rolls-Royce dari segi teknik mobil beratap lunak, Rolls-Royce Dawn baru memperkenalkan beberapa inovasi engineering lainnya yang dibuat secara khusus.

Tantangan dalam mendesain mobil konvertibel adalah mempertahankan kekakuan torsional tinggi di seluruh bodi sambil mempertahankan bobot. Kekakuan torsional ini penting untuk meminimalkan getaran  scuttle  (panel antara kap mesin dan kaca depan) yang merundung sebagian besar mobil konvertibel dan membantu menjaga kemantapan dinamis mobil.

Konfigurasi suspensi dengan desain baru mengatur perilaku spesifik mobil atap terbuka ini dalam hal kekakuan bodi dan distribusi beban, yang menjamin kenyamanan paripurna saat berkendara dan mengendarai Rolls-Royce layaknya ‘permadani terbang’.

Informasi dari sistem Antarmuka dan Navigasi Multimedia yang mengalami pembaruan signifikan disajikan dengan indah pada layar definisi tinggi berukuran 10,25” baru, yang dikontrol dengan Tombol Putar Spirit of Ecstasy. Tombol Putar Spirit of Ecstasy dilengkapi papan tombol sentuh dapat digunakan untuk menulis karakter Jepang dengan sentuhan jari.

Perangkat lunak baru untuk radar dan kamera –masing-masing terletak di pelindung bumper depan dan bagian tengah atas kaca depan – memberikan waktu respons sistem yang lebih cepat, termasuk pemberian penyiapan rem yang lebih cepat untuk mengantisipasi tekanan darurat. Apabila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, Dawn akan menggunakan sistem perlindungan roll-over tersembunyi dari balik penahan kepala belakang hanya dalam hitungan sepersekian detik.

Perkembangan terbaru dalam teknologi penerangan LED juga sudah diterapkan pada Rolls-Royce Dawn. Cara pengaturan lampu ini semakin ditingkatkan dengan teknologi adaptif.

Selain itu, peredupan otomatis lampu jarak jauh sudah diganti dengan teknologi antisilau baru yang revolusioner. Keselamatan saat mengemudi di malam hari semakin baik dengan sistem tayangan jalan di depan (HUD) dan deteksi panas.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hati dan jiwa Dawn, seperti mobil Rolls-Royce lainnya, adalah mesin powertrain V12 6,6 liter twinturbo. Dipadu dengan transmisi otomatis 8-kecepatan berbantu Satelit, yang menggunakan data GPS agar mobil bisa melihat melebihi apa yang dilihat pengemudi menjadikan pengalaman mengemudi Dawn sungguh istimewa.