Akhir Era Phantom VII

Chief Executive Officer Rolls-Royce Motor Cars, Torsten Mueller-Oetvoes, telah mengumumkan bahwa model Phantom saat ini akan memasuki tahap terakhir produksinya di tahun 2016. Pengumuman ini sebagai tindak lanjut beredarnya berita bahwa Rolls-Royce Motor Cars sudah mulai menguji arsitektur aluminiumnya yang serba baru guna memperkuat masa depan Rolls-Royce dan akan dipasarkan mulai awal tahun 2018. Dia juga mengumumkan bahwa Phantom Coupé dan Drophead Coupé tidak akan diperbarui. Kedua model megah Phantom ini akan berakhir dengan lahirnya koleksi khusus yang hanya terdiri atas 50 unit, bernama Phantom Zenith Collection.

Generasi ketujuh Phantom saat ini mulai diproduksi di Goodwood lebih dari 13 tahun silam dan melesat menjadi fondasi bagi kebangkitan kembali Rolls-Royce Motor Cars. Seperti yang telah diklaim merek ini,  Phantom VII sebagai puncak kemewahan super yang menakjubkan, anggun dan sangat kuat kini mendekati akhir produksinya.

Dalam bulan November tahun ini, pembuatan terakhir Phantom Coupé dan Drophead Coupé di Goodwood akan selesai. Model ini tidak akan ada penggantinya. Para kolektor di seluruh dunia akan sangat bersemangat setelah mengetahui bahwa koleksi spektakuler 50 unit Coupé dan Drophead unik, bertajuk Phantom Zenith Collection, akan dibuat untuk merayakan akhir produksi mobil yang benar-benar istimewa ini.

Tahun ini Rolls-Royce juga akan membangun limusin Phantom VII terakhir.

Torsten Mueller-Oetvoes mengungkapkan, “Dengan bangga dan senang saya mengumumkan bahwa Phantom baru segera hadir – Phantom kontemporer nan indah yang disempurnakan dengan teknologi canggih dan inovasi desain. Semua Phantom baru bersejarah dan menjadi momen penting dalam sejarah otomotif dan kami bekerja keras untuk menyempurnakan Phantom VIII.”

Rolls-Royce Motor Cars telah menyusun ulang tolok ukur mobil mewah di tahun 2003 ketika meluncurkan Phantom VII, mobil yang bertahan di puncak kemewahan selama 13 tahun terakhir. Selama masa itu, Rolls-Royce menciptakan banyak Phantom fantastis yang mencengangkan dunia berkat keindahannya dan pemaknaan ulangnya terhadap konsep otomotif mewah sejati.

Kini waktunya mendaki undakan berikutnya dalam perjalanan kemewahan.

Phantom VII – Senantiasa menjadi tolok ukur kemewahan bahkan saat bersiap untuk meninggalkan panggung dunia

Saat berkemas untuk meninggalkan panggung dunia sekalipun, Phantom VII akan terus menjadi tolok ukur bagi mobil mewah dengan unit kolektor dalam jumlah terbatas, masing-masingnya akan menjadi unit terakhir di jajarannya.

Untuk menandai berakhirnya era Phantom VII, departemen desain Bespoke Rolls-Royce Motor Cars akan menciptakan contoh unit khusus dari masing-masing model Phantom yang pernah ada hingga sekarang – Coupé, Drophead Coupé dan Limousine. Di waktu yang sama, para insinyur pengrajin yang mengembangkan masing-masing mobil Rolls-Royce di Pusat Rolls-Royce, Goodwood, sudah menyiapkan diri untuk bekerja sungguh-sungguh demi menghasilkan unit akhir yang sangat istimewa ini.

Phantom Zenith Collection – Puncak kecemerlangan otomotif yang sesungguhnya

Koleksi spesial pertamanya akan diberi nama Phantom Zenith Collection, dan akan menjadi model Phantom Coupé dan Drophead Coupé terakhir yang bisa dipesan dari Rolls-Royce Motor Cars.

“Sesuai dengan namanya, Phantom Zenith Collection akan menjadi puncak; yang terbaik di kelasnya; standar tertinggi yang bisa dicapai yang menjadi tolok ukur penilaian mobil-mobil lainnya,” ujar Direktur Desain, Giles Taylor. “Koleksi ini akan memiliki semua fitur terbaik Phantom Coupé dan Drophead Coupé, tentunya dengan beberapa kejutan tambahan. Kami memperkirakan akan ada banyak permintaan untuk 50 mobil istimewa ini karena kami tidak akan mempertimbangkan untuk membangun model ini lagi.”

Fitur kejutan tersebut akan meliputi Tailgate Hosting Area; sandaran lengan bertuliskan nama lokasi peluncuran asli 100EX di Villa D’Este dan 101EX di Jenewa, yang diukir dengan sinar laser; tombol instrumen Bespoke, dan perlakuan istimewa terhadap patung kecil Spirit of Ecstasy yang ikonis. Setiap pelanggan juga akan mendapatkan suvenir portabel ‘yang tidak bisa dibeli dengan uang’ atas pembeliannya, sementara mobil-mobil ini akan ditawarkan kepada klien dengan cita rasa kombinasi warna sarat kenangan dari sejarah Rolls-Royce.

Phantom VII – Kembalinya puncak keunggulan otomotif

Peluncuran generasi ketujuh Rolls-Royce Phantom pada 1 Januari 2003 bukan sekadar perkenalan sebuah mobil baru supermewah, melainkan juga menandai kebangkitan di abad ke-21 bagi merek automobile mewah paling termasyhur di dunia, sekaligus penampilan perdana sebuah mahakarya yang dengan cepat membuktikan keberadaannya di puncak kesempurnaan otomotif.

Selama lima tahun sebelumnya, tanpa publisitas, sesungguhnya para desainer, insinyur, dan pengrajin tengah merancang lahirnya sebuah mobil khas Rolls-Royce dan fasilitas produksi supercanggih di Goodwood Estate, Inggris Selatan. Prestasi ini sangat menakjubkan dan tiada bandingnya dalam industri mobil, terutama untuk merek yang memikul beban sejarah otomotif dan ekspektasi yang sangat tinggi.

Sejak peluncurannya, Rolls-Royce Phantom membuktikan dirinya layak menerima simbol Spirit of Ecstasy yang terkenal itu. Dari Pantheon Grille hingga julur belakang yang panjang, desainnya jelas khas Rolls-Royce. Setiap sudutnya menandakan mobil yang lugas namun anggun dengan aura kehadiran di jalan yang tidak tersaingi.

Sejak tahun 2005, varian-varian baru ditambahkan ke seri Phantom VII. Yang pertama adalah Phantom Extended Wheelbase, kemudian diikuti varian terbaik dalam mobil mewah atap terbuka, Phantom Drophead Coupé pada tahun 2007 dan, pada tahun 2008, Phantom Coupé, Gran Turismo dari Rolls-Royce yang canggih.

Daya pikat semua mobil menawan ini tidak lekang oleh waktu, dan menjadi peletak dasar layanan Bespoke Rolls-Royce bagi kebutuhan mutakhir para kliennya, membuat mereka bisa menciptakan karya seni individual dengan mobil superlatif mereka. Kini, setiap unit Phantom yang meninggalkan Home of  Rolls-Royce di Goodwood mengusung aneka fitur Bespoke. ‘Waterspeed’, ‘Aviator’, ‘Metropolitan’, ‘Maharajah’ dan ‘Serenity’ hanyalah beberapa unit Phantom Bespoke yang Khas dan telah menjadi koleksi pribadi di seluruh dunia dan akan menjadi mobil Rolls-Royces paling favorit selama bertahun-tahun.